web widgets

Senin, 23 Juni 2014

Tipe data pada Pemrograman Java

     kali ini saya akan membahas mengenai tipe data. apa itu tipe data ? tipe data adalah jenis data yang dapat diolah oleh komputer untuk memenuhi kebutuhan dalam pemrograman komputer. dalam membuat sebuah variable diperlukan ketepatan dalam memilih tipe data. salah dalam memilih tipe data akan menentukan kinerja komputer khususnya bagian memori penyimpanan.
      Dalam pengelompokannya tipe data dibagi 2 kelompok yaitu
tipe data Sederhana dan tipe data referensi.
1. Tipe data Sederhana
     a. String     : Tipe data ini berfungsi untuk menampung data berupa kalimat.
     b. int          : Tipe data ini berfungsi untuk menampung data bilangan bulat.
     c. float       : Tipe data ini berfungsi untuk menampung data pecahan.
     d. char       : Tipe data ini berfungsi untuk menampung sebuah karakter.
     e. boolean : Tipe data ini hanya bisa menampung dua nilai yaitu TRUE atau FALSE.

2. Tipe data referensi.
     a. Class
        kelas adalah semacam cetakan atau kerangka yang mendefinisikan variable dan method dari sebuah objek. kelas berbeda dengan tipe data sederhana dikarenakan tipe data sederhana digunakan untuk mendeklarasikan variable normal, sedangkan  kelas digunakan untuk mendeklarasikan variable yang berupa objek.
      b. Array
          Array mempunyai kemampuan untuk menyimpan sebuah data list dalam satu variabel. sebuah Array akan menyimpan beberapa data yang mempunyai tipe data yang sama didalam sebuah blok memori yang berdekatan yang kemudian dibagi menjadi beberapa slot.
       c. Interface

           Interface merupakan sekumpulan method yang hanya memuat deklarasi dan struktur method, tanpa detail implementasinya. Sedangkan detail dari method tersebut berada pada class yang mengimplementasikan interface tersebut. Interface digunakan bila Anda ingin mengaplikasikan suatu method yang spesifik,  yang tidak diperoleh dari proses inheritance yang lebih terbatas. Tipe data yang boleh pada interface hanya tipe data konstan.

demikianlah pembahasan mengenai tipe data.. semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar